Jumat, 14 Oktober 2011

PENGERTIAN PERUSAHAAN


Sudah banyak definisi tentang perusahaan yang dikemukakan oleh para ahli; yang pada prinsipnya tidak berbeda. Dari definisi yang ada dapatlah dikemukakan sebagai berikut :

·         Perusahaan dapat didefiniskan sebagai suatu produksi yang menggunakan dan mengkordinir sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

     Dari definisi perusahaan dapat dilihat adanya 5 unsur yang penting, yaitu :organisasi,         produksi, sumber ekonomi, kebutuhan, cara yang menguntungkan.

·         Organisasi

    Organisasi berasal dari kata organ ( sebuah kata dari bahasa Yunani) yang berartialat. Adanya satu alat produksi saja belum menimbulkan organisasi. Setelah diatur dan dikombinasikan dengan sumber-sumber ekonomi lainnya seperti manusia, bahan-bahan dan sebagainya, timbullah keharusan untuk mengadakan kerjasama secara efisien, efektif dan dapat hidup sebagaimana mestinya.

    Organisasi sebagai suatu bentuk dan hubungan yang mempunyai sifat dinamis, dalam arti dapat menyesuaikan diri kepada perubahan, pada hakekatnya merupakan suatu bentuk yang dengan sadar diciptakan manusia untuk mencapai tujuan yang sudah di perhitungkan.

·         Produksi

             Dalam Organisasi tersebut di atas memungkinkan dilakukannya aktivitas produksi, yaitu semua usaha yang ditujukan untuk menciptakan atau menaikkan faedah (utility).

a. Produksi Langsung

    1. Produksi primer (Ekstratif)

        Yaitu usaha-usaha untuk mendapat bahan atau material langsung dari alam.





    2. Produksi Sekunder

        Yaitu usaha menggunakan bahan atau material untuk meningkatkan faedah atau   mengolahnya menjadi barang lain.

b. Kegiatan yang membantu Produksi
Langsung

       Selain produksi langsung, terdapat kegiatan lain yang membantunya, disebut produk tersier. Ini meliputi perdagangan (perdagangan besar , perdagangan kecil, impor, dan ekspor) dan kegiatan lain seperti distribusi, perbankan, perasuransian, penelitian pasar dan periklanan.

c. Produksi Tidak Langsung

   Produksi tidak langsung ini tidak menaikkan nilai penggunaan ataupun tidak langsung dari alam. Sebagai contoh adalah kegiatan yang dilakukan oleh para akuntan, ilmiawan, polisi dan sebagainya.

·           Menggunakan dan Mengkordinir
    Sumber-sumber Ekonomi/Faktor-faktor
    Produksi

    Dalam unsur yan ketiga ini terkandung pengertian adanya kegiatan atau aktivitas untuk menjalankan fungsi dan sumber ekonomi. Fungsi-fungsi yang dilakukan oleh perusahaan antara lain : pembelanjaan, pemasaran, kepegawaian ,dan sebagainya.

    Pada pokoknya sumber ekonomi yang digunakan oleh perusahaan dapat dikelompokkan ke dalam :

      a. Manusia
      b. Uang
      c. Material
      d. Metode
   
     Keempat macam sumber ekonomi ini dikenal dengan singkatan 4M ( men, money, material dan method). Produksi tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya sumber-sumber tersebut. Sumber-sumber ekonomi, disebut juga input atau faktor-faktor produksi, penggunaannya mempunyai konsekuensi bagi perusahaan.

     MANUSIA, tidak saja berperanan sebagai tenaga kerja, tetapi sekaligus juga sebagai konsumen.

     UANG merupakan unsur penting untuk menciptakan sejumlah modal. Modal secara luas dapat didefinisikan sebagai sejumlah uang atau barang yang dibeli dengan uang tersebut untuk memproduksi barang lain.

     MATERIAL merupakan salah satu faktor produksi yang sangat penting untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat produktif.

      METODE adalah faktor produksi yan keempat, meliputi ide atau inisiatif yang bersifat produktif, pengambilan keputusan, penanggungan resiko yang ada, dan sebagainya. Semua ini ditunjukan untuk mengorganisir dan mengkoordinir faktor lain yang baik. Orang yang melaksanakan kegiatan ini disebut wiraswasta (entrepreneur).

      Kadang-kadang keempat faktor produksi tersebut hanya digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu :

 - Modal (termasuk tanah dan tenaga kerja), dan
 - Manajemen

    Semua kegiatan yang ada dalam perusahaan ditunjukan untuk membuat barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan mendistribusikannya dengan cepat serta efisien agar memperoleh laba. Laba akan didapatkan apabila perusahaan membut barang dan jasa sesuai dengan selera masyarakat untuk memuaskan kebutuhannya.

·         Kebutuhan

    Di sini pengertian kebutuhan meliputi kebutuhan akan barang dan jasa. Sebuah perusahaan tidak akan dapat memenuhi semua kebutuhan manusia, melainkan hanya sebagian saja.
Sedang sebagian yang lain dipenuhi oleh perusahaan yang lain pula. Misalnya, perusahaan roti hanya dapat memenuhi kebutuhan akan makanan saja.

·         Cara Yang Menguntungkan

    Agar tujuan perusahaan dapat tercapai, maka semua aktivitas yang dilakukan haruslah menggunakan cara-cara yang menguntungkan, artinya cara yang ditempuh tersebut harus memperhatikan prinsip efisiensi. Cara yang menguntungkan bagi perusahaan belum tentu sama baiknya bagi perusahaan lain.

a. Bidang Operasi

    Dalam hal ini ada perusahaan yang bergerak di bidang pengolah (manufaktur), perakitan (assembling), perdagang atapun di bidang jasa seperti : perbankan, pengangkutan, perhotelan, dan sebagainya.

b. Alat Produksi

    Di gunakan oleh perusahaan manufaktur berlain dengan alat produksi yang dipakai oleh perusahaan perakitan, perdagangan atau jasa.

c. Tujuan Perusahaan

    Tujuan perusahaan ini sangat tergantung pada keinginan para pemilik atau sebagian besar dari penanam modal/pemberi kekayaan.

·           Keuntungan maksimal

    Jika sebuah badan usaha yang didirikan merupakan lembaga untuk mengadakan konsentrasi modal, maka pemilik perusahaan tersebut mengharapkan diperolehnya pendapatan maksimal dari modal yang ditanamkan.
Selain itu, dengan diperolehoya laba bagi perusahaan sangat membantu tercapainya tujuan-tujuan yang lain, seperti :

  - Kelangsungan hidup
  - Pertumbuhan perusahaan
  - Prestise

Bagi perusahaaan pengertian laba ini merupakan kelebihan harga jual barang dan jasa di atas ongkos-ongkos yang dipakai untuk menghasilkannya. Kemungkinan yang lain adalah sebaliknya, perusahaan akan menderita kerugian apabila semua ongkos-ongkos melebihi harga jualnya.
Menurut ilmu Ekonomi, pengertian laba berbeda dengan pengertian laba yang telah dikemukakan. Dalam hal ini, laba merupapkan jumlah pendapatan dikurangi jumlah ongkos yang terdiri atas upah pekerja, sewa tanah, dan bunga modal.Bunga modal menurut Ilmu Ekonomi adalah bunga dari seluruh modal yang digunakan dalam perusahaan. Sedangkan pengusaha hanya memperhitungkan bunga bagi modal asing saja. Walaupun demikian perbedaan tersebut tidak begitu penting.

·                Kesejahteraan Anggota

    Jika suatu usaha berbentuk Koperasi di mana koperasi bukanlah merupakan suatu lembaga untuk mengadakan konsentrasi modal, tetapi konsentrasi orang, maka tujuan utamanya adalah menciptakan kesejahteraan para anggotanya.




·                Kesejahteraan Masyarakat

    Jika suatu perusahaan dimiliki oleh Pemerintah (Negara), maka tujuan utamanya adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat/umum. Misalnya dengan menyediakan barang dan jasa vital seperti beras (BULOG), air minum (PAM), listrik (PLN), dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar